Indonesia khususnya wilayah Jabodetabek dianggap pasar yang cukup menjanjkan
bagi peningkatan penjualan produk. Untuk itu, PT Astra Komponen Indonesia (ASKI) melakukan kerjasama dengan PT Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) guna meningkatkan penjualan melalui jaringan ritel.
Dengan kerjasama ini, produk-produk ASKI dengan merek dagang Grin telah hadir dan dipasarkan melalui 5 cabang Transmart di wilayah Jakarta dan Bogor, diantaranya yaitu Transmart Cempaka Putih, Cibubur, Yasmin Bogor, Lebak Bulus, serta Central Park Mall.
“Pada tahap awal, kami sepakat untuk kerjasama penjualan 2 produk yaitu Grin-Miles dan Grin-Smile di 5 cabang toko Transmart di Jakarta dan Bogor,” tutur Prihatanto Agung Lesmono selaku presiden direktur ASKI.
Grin-Miles merupakan helm sepeda multi fitur yang dilengkapi dengan lampu depan dan
belakang, lampu sein kanan-kiri, memiliki water resistant di level IPX2, baterai yang dapat diisi ulang dengan maksimal penggunaan hingga 4 jam, serta dilengkapi juga dengan wireless remote yang dapat mengontrol mode lampu pada helm.
Grin-Miles memiliki 5 pilihan warna yang dapat dimiliki yaitu Red on Jet Black, Orange Sky, Black Carbon, Apollo White, dan Sky Blue. Selain itu, helm sepeda Grin-Miles juga telah tersertifikasi CE EN 1078 sehingga aman untuk melindungi kepala saat digunakan di jalan raya.
Produk lain yang juga dijual melalui Transmart yaitu Grin-Smile. Grin-Smile merupakan masker elektrik transparan yang terbuat dari material food grade yang tersertifikasi. Masker ini juga dilengkapi dengan electirc fan dan filter 3 ply sehingga membuat napas lebih ringan dan nyaman.
Terdapat 4 pilihan warna yaitu hitam, putih, biru dan merah dengan 2 jenis strap, head loop serta ear loop yang dapat digunakan. Marker Grin-Smile juga telah mendapatkan penghargaan Good Design Indonesia (GDI) tahun 2021 untuk kategori Personal Accessories & Wearable Personal Items dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.
Selama 2 tahun kebelakang produk-produk Grin dijual secara online melalui marketplace
Tokopedia dan Shopee. Sehingga untuk lebih meningkatkan penjualan produk perlu dilakukan
beberapa cara lain salah satunya dengan menggandeng Transmart untuk distribusi melalui
jaringan ritel di Indonesia.
“Jakarta dan Bogor memang menjadi fokus pertama produk kami saat ini, namun bukan berarti
kami tidak akan ekspansi ke kota lain di Indonesia, dan bermitra dengan jaringan ritel lainnya selain Transmart Carrefour,” tutup Prihatanto.